kumpulan contoh tugas sekolah

Jumat, 25 Januari 2013

Ini Dia Makhluk Laut Paling Beracun

Paramedics Ubur-ubur kotak atau Tawon laut (Chironex fleckeri)
KOMPAS.com — Apa makhluk laut paling mematikan? Jawabannya adalah tawon laut atau ubur-ubur kotak. Racun hewan ini bisa menyebabkan kematian pada manusia.

Tawon laut memiliki bentuk tubuh kotak serta tentakel dengan nematosit, bagian yang kaya akan racun. Racun spesies ini jika diinjeksikan pada manusia bisa menyebabkan paralisis hingga kematian dalam waktu hanya beberapa menit setelah sengatan.

Ada 50 jenis tawon laut yang ada di dunia. Spesies tawon laut yang paling beracun adalah tawon laut Australia (Chironex fleckeri), ditemukan di perairan Indi-Pasifik. Tawon laut sekaligus yang terbesar di dunia. Diameter tubuhnya mencapai 31 cm dengan panjang tentakel mencapai 300 cm atau 3 meter.

Ubur-ubur kotak berbeda dengan ubur-ubur lainnya. Karakteristik uniknya adalah kemampuan untuk berenang.

Dituliskan National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), tawon laut mampu berenang dengan kecepatan 7,4 km/jam, sementara ubur-ubur lain hanya mengikuti arus. Tawon laut juga memiliki kluster mata sehingga mampu melihat.

Ilmuwan percaya, dengan kemampuan berenang dan melihat, tawon laut mampu berburu mangsa, utamanya udang dan ikan kecil.
Sumber :
Editor :
yunan
Rifai Nehru IPA

Dinosaurus Terbesar Berotak Udang


Ampelosaurus, Dinosaurus Terbesar Berotak Udang
Penulis : Yunanto Wiji Utomo | Jumat, 25 Januari 2013 | 11:17 WIB


Share:
O. sanisidro Ampelosaurus
BARCELONA, KOMPAS.com — Dinosaurus terbesar yang hidup di muka Bumi ternyata memiliki ukuran otak yang sangat kecil.

Ilmuwan meneliti tengkorak Ampelosaurus, fosil dinosaurus raksasa berusia 70 juta tahun yang ditemukan tahun 2007 di Cienca, Spanyol. Ampelosaurus adalah dinosaurus yang masuk golongan Sauropoda, memiliki leher panjang, ekor panjang, dan pemakan tumbuhan.

Lewat metode CT Scan, ilmuwan merekonstruksi otak Ampelosaurus dalam format 3D. Mereka menemukan, volume otak fauna itu tak lebih besar dari bola tenis.

"Sauropoda ini mungkin ukuran panjang tubuhnya mencapai 15 meter, tetapi ukuran otaknya tak lebih besar dari 8 cm," ungkap Fabien Knoll, paleontolog dari Spain National Museum of Natural Science, seperti dikutip Livescience, Kamis (24/1/2013).

Sauropoda pertama muncul di muka Bumi 160 juta tahun yang lalu. Berbeda dengan burung dan mamalia, selama jutaan tahun eksis, perkembangan otak Sauropoda tak signifikan.

Studi juga mengungkap bahwa Sauropoda memiliki telinga dalam yang kecil. Bagian telinga dalam berhubungan dengan kemampuan mendengar suatu spesies. Dengan telinga dalam kecil, kemampuan Sauropoda ini untuk mendengar bunyi yang diantarkan lewat udara tak begitu bagus.

"Mungkin spesies ini memiliki cara mendengar yang tak kita pikirkan, yang bergantung pada suara yang diantarkan lewat tanah," kata Lawrence Witmer, paleontolog Ohio University.

Telinga dalam juga berhubungan dengan keseimbangan tubuh. Dengan ukuran telinga dalam yang kecil, paleontolog menganggap bahwa hewan ini cenderung bergerak lambat. Gerakan mata dan kepala juga tak secepat mamalia.

Hasil penelitian ini dipublikasikan di jurnal PLoS ONE yang terbit Rabu (23/1/2013) lalu.
Sumber :
LiveScience
Editor :
yunan
Rifai Nehru IPA

Perbedaan Tumbuhan Dikotil Dan Monokotil



Perbedaan Ciri-Ciri Tumbuhan Dikotil Dan Monokotil

Ditinjau dari masing-masing pola tulang daun
Tumbuhan Dikotil : Memiliki pola tulang daun Menyirip / menjari.
Tumbuhan Monokotil : Memiliki pola tulang daun Melengkung / sejajar.

Ditinjau dari masing-masing Jumlah kelopak bunga
Tumbuhan Dikotil : Biasanya jumlah kelopak bunga tumbuhan ini kelipatan empat atau lima.
Tumbuhan Monokotil : Pada umumnya jumlah kelopak bunga tumbuhan ini kelipatan tiga.

Ditinjau dari masing-masing jumlah keping biji (kotiledon)
Tumbuhan Dikotil : Mempunyai 2 buah keping biji.
Tumbuhan Monokotil : Mempunyai 1 buah keping biji.

Ditinjau dari masing-masing akarnya 
Tumbuhan Dikotil : Memiliki akar tunggang yang kuat.
Tumbuhan Monokotil : Memiliki serabut yang kurang kuat.

Ditinjau dari masing-masing Tudung akar
Tumbuhan Dikotil : Tidak Mempunyai tudung akar.
Tumbuhan Monokotil : Mempunyai tudung akar.

Ditinjau dari masing-masing Pelindung akar dan batang lembaga
Tumbuhan Dikotil : Pada ujung akar tumbuhan dikotil tidak di liputi oleh selaput pelindung.
Tumbuhan Monokotil : Ujung akar lembaga dan pucuk lembaga dilindungi oleh batang lembaga / koleoptil dan akar lembaga / keleorhiza.

Ditinjau dari masing-masing Kandungan akar dan batang
Tumbuhan Dikotil : Terdapat kambium.
Tumbuhan Monokotil : Tidak terdapat kambium.

Ditinjau dari masing-masing Pertumbuhan akar dan batang
Tumbuhan Dikotil : Dapat tumbuh dan berkembang menjadi besar.
Tumbuhan Monokotil : Tidak dapat tumbuh berkembang menjadi besar.

Diatas sudah di uraikan dengan spesifik antara perbedaan tumbuhan dikotil dan monokotil, semoga artikel ini bermanfaat dan silahkan jadikan referensi makalah anda juga.
Tetap kunjungi Info Terbaru dengan artikel-artikel menarik lainnya.. 
Rifai Nehru IPA

Contoh Tulisan Deskriptif Bahasa Inggris



Contoh paragraf deskriptif bahasa inggris

The little girl. He kept staring at the blue ocean. The roll was small ripples make it budge. Blowing hot air nan beach, did not make his eyes move from the sea. Water continues to sweep the beach foot tender skin. The pounding sound of the waves to disturb his ear. The day was cloudless sky. He kept looking at the sea. The blue sea to the verge of the horizon. He watched fishermen who were pulled over. Staring at a small island far away on the other side. He hated the sea! The girl hated the sea, because that is where both parents died.


Kumpulan Contoh - contoh descriptive text dalam bahasa inggris
Terbaik popular dan pilihan guru lengkap

Hasil pencarian dari contoh example descriptive text on jatim park iklanbarisgratis tidak ditemukan di halaman ini.
Tips melakukan pencarian untuk "contoh example descriptive text on jatim park iklanbarisgratis" : 
  • Cari kata-kata yang berkaitan mengenai "contoh example descriptive text on jatim park iklanbarisgratis" untuk mendapatkan hasil pencarian yang sesuai.
  • Pakai kata yang lebih spesifik untuk menghasilkan hasil pencarian yang sesuai dengan "contoh example descriptive text on jatim park iklanbarisgratis".

A Friendly Clown

On one corner of my dresser sits a smiling toy clown on a tiny unicycle--a gift I received last Christmas from a close friend. The clown's short yellow hair, made of yarn, covers its ears but is parted above the eyes. The blue eyes are outlined in black with thin, dark lashes flowing from the brows. It has cherry-red cheeks, nose, and lips, and its broad grin disappears into the wide, white ruffle around its neck. The clown wears a fluffy, two-tone nylon costume. The left side of the outfit is light blue, and the right side is red. The two colors merge in a dark line that runs down the center of the small outfit. Surrounding its ankles and disguising its long black shoes are big pink bows. The white spokes on the wheels of the unicycle gather in the center and expand to the black tire so that the wheel somewhat resembles the inner half of a grapefruit. The clown and unicycle together stand about a foot high. As a cherished gift from my good friend Tran, this colorful figure greets me with a smile every time I enter my room.

The Blond Guitar

My most valuable possession is an old, slightly warped blond guitar--the first instrument I taught myself how to play. It's nothing fancy, just a Madeira folk guitar, all scuffed and scratched and finger-printed. At the top is a bramble of copper-wound strings, each one hooked through the eye of a silver tuning key. The strings are stretched down a long, slim neck, its frets tarnished, the wood worn by years of fingers pressing chords and picking notes. The body of the Madeira is shaped like an enormous yellow pear, one that was slightly damaged in shipping. The blond wood has been chipped and gouged to gray, particularly where the pick guard fell off years ago. No, it's not a beautiful instrument, but it still lets me make music, and for that I will always treasure it.

Sumber : http://dhono-wareh.blogspot.com/2012/05/contoh-paragraf-deskriptif-dalam-bahasa.html
Rifai Nehru B.inggris
Rabu, 23 Januari 2013

Teks Berita


Selasa, 27 April 2010

Tulislah teks berita mengenai sebuah peristiwa yang terjadi di lingkungan Anda!




TEKNIK MENULIS TEKS BERITA

A. Judul
1. Judul berita sebisa mungkin dibuat dengan kalimat pendek, tapi bisa menggambarkan isi berita secara keseluruhan. Pemberian judul ini menjadi penentu apakah pembaca akan tertarik membaca berita yang ditulis atau tidak.
2. Menggunakan kalimat aktif agar daya dorongnya lebih kuat.3. Persoalan judul menjadi menarik seiring munculnya media berita internet.

B.
Lead
1. Selain judul, lead bisa menjadi penentu seorang pembaca akan melanjutkan bacaannya atau tidak. Sehingga beberapa buku panduan menulis berita menyebut lebih dari 10 lead yang bisa dipakai dalam sebuah berita. Namun, hal yang tak boleh dilupakan dalam menulis lead adalah unsur 5W + 1H (Apa/What, Di mana/Where, Kapan/When, Mengapa/Why, Siapa/Who dan Bagaimana/How).
2. Lead terkait dengan peg atau biasa disebut pelatuk berita. Seorang reporter ketika ditugaskan meliput peristiwa harus sudah tahu "pelatuk" apa yang akan dibuat sebelum menulis berita.

C.
Badan Berita
1. Penentuan lead ini juga membantu reporter menginventarisasi bahan-bahan berita. Sehingga penulisan berita menjadi terarah dan tidak keluar dari lead. Inilah yang disebut badan berita.
2. Untuk lebih mudahnya, susun berita yang berawal dari lead itu secara kronologis. Sehingga pembaca bisa mengikuti seolah-olah berita itu suatu cerita.3. Cek dan ricek bahan yang sudah didapat. Dalam berita, akurasi menjadi hal yang sangat penting.

D.
Bahasa
1. Bahasa menjadi elemen yang penting dalam berita. Bayangkan bahwa pembaca itu berasal dari beragam strata. Bahasa yang digunakan untuk berita hendaknya bahasa percakapan. Hilangkan kata bersayap, berkabut bahkan klise.
2. Menulis lead yang bicara. Untuk mengujinya, bacalah lead atau berita tersebut keras-keras. Jika sebelum titik, nafas sudah habis, berarti berita yang dibuat tidak bicara, melelahkan dan tidak enak dibaca.
3. Berita yang bagus adalah berita yang seolah-olah bisa didengar. Prinsipnya sederhana, makin sederhana makin baik.4. Menghidari kata sifat. Menulis berita dengan kata sifat cenderung menggurui pembaca. Pakailah kata kerja. Menulis berita adalah menyusun fakta-fakta. Kata "memilukan", misalnya, tidak lagi menggugah pembaca dibanding menampilkan fakta-fakta dengan kata kerja dan contoh-contoh.

Ini adalah contoh teks berita secara singkat, padat dan jelas.


POHON TUMBANG JALUR BUSWAY DITUTUP


Selamat siang, pemirsa. Kembali lagi di Labsnews Hi-light bersama saya Wimala Puspa. Selama beberapa menit ke depan saya akan membawakan berita mengenai jalur busway yang ditutup akibat pohon tumbang.

Pada Hari Rabu, 12 Maret 2008, hujan deras yang disertai angin kencang telah menumbangkan sebuah pohon yang cukup besar di depan sekolah Al-Azhar. Pohon besar tersebut tepatnya telah menutup jalur busway yang berada di Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, sehingga bus transjakarta dari arah CSW menuju Bundaran Senayan terpaksa melewati jalanan umum.

Menurut warga di sekitar kejadian, pohon itu tumbang pada pukul 15.10 WIB (sore hari) dan membuat jalanan reguler yang awalnya sudah macet total akibat hujan deras bertambah ramai oleh bus transjakarta.

Ironisnya, dinas pertamanan yang bertanggung jawab atas pohon tumbang tersebut belum juga tiba di lokasi setelah waktu yang cukup lama, sehingga pohon yang cukup besar tersebut masih berada di tempatnya dan belum juga dipindahkan.

Walaupun sudah ada tiga petugas TMC (Traffic Management Centre), tetap saja jalanan yang ramai oleh kendaraan-kendaraan yang saling berebut tidak dapat ditertibkan. Tapi untungnya, tidak ada korban jiwa atas kejadian tersebut.

Sekian berita dalam Labsnews Hi-light hari ini. Saya Wimala, mohon undur diri. Selamat siang.



Latihan siswa!
1. Tulislah teks berita mengenai sebuah peristiwa yang terjadi di lingkungan Anda!


Rifai Nehru B.Indonesia

Menulis Rangkuman


Menulis rangkuman/ringkasan merupakan upaya menyarikan sebuah teks atau bacaan. Jadi, merangkum sebuah buku adalah mengambil inti sari sebuah isi buku dan menuliskannya kembali menjadi catatan ringkas. Hal yang perlu diingat bahwa sebuah rangkuman isinya mencakup keseluruhan teks atau buku yang dirangkum secara utuh dan lengkap, meski dalam penyajiannya lebih padat dan ringkas. Jadi, dalam merangkum jangan sampai ada hal penting dari bacaan atau buku yang tidak terambil atau terangkum.
Tujuan membuat rangkuman/ringkasan adalah untuk memahami dan mengetahui isi sebuah karangan atau buku.
 
 Cara untuk membuat rangkuman:
1.Membaca buku hingga memahami secara utuh dan lengkap
Bacalah buku atau wacana yang akan kamu ringkas. Apabila dalam sekali baca kamu belum memahami isi    wacana tersebut, bacalah lagi, kalau perlu diulang hingga beberapa kali.

2.Tandailah kata-kata sulit.

3.Hal-hal penting sebaiknya digaris bawahi.

4.Mencatat gagasan utama
 Setelah membaca keseluruhan isi wacana, langkah selanjutnya ialah membaca kembali setiap paragraf wacana tersebut untuk mencari gagasan utama tiap paragraf.
 
5.Merangkai gagasan-gagasan utama/pokok-pokok inti sari buku.
Langkah terakhir yang kamu lakukan ialah merangkai gagasan-gagasan utama tersebut menjadi sebuah rangkuman.

6.Mencek dan ricek hasil rangkuman dengan isi buku untuk mengetahui rangkuman sudah lengkap atau belum.


Contoh rangkuman dari media massa
Cerdik Bermain Sudoku
Setiap dua minggu sekali di Yunior ada rubrik ”Sudoku”. Kamu menyukainya? Hmm, saya juga. Tapi ada juga lho yang belum tahu bagaimana cara mengerjakannya.
Nah, jika kamu termasuk yang belum tahu itu, kamu bisa membaca buku ini. Buku ini mengulas segala hal tentang sudoku, dari tingkat 1 sampai tingkat 9. Asyiknya lagi, ada kunci jawabannya sehingga kita bisa langsung mencocokkan apakah jawaban kita betul atau tidak.
 
Di bagian awal terdapat bab pendahuluan yang akan mengantar kita menuju dunia sudoku. Selanjutnya baru dijelaskan tentang beberapa cara dan trik dalam mengerjakan sudoku.
Setelah paham, kamu bisa mencoba mengerjakan soal-soal sudoku, dari tingkat 1 hingga tingkat 9. Ya, tentu saja semakin tinggi tingkatnya semakin sulit pula soalnya. Karena itu coba kerjakan yang tingkat terendah dulu. Jika sukses, silakan menuju ke level berikutnya.
Rifai Nehru B.Indonesia

Menulis Petunjuk


Menulis Petunjuk dengan Bahasa yang Efektif
A. Menyusun Petunjuk dengan Sajian Bahasa yang Efektif
Kalimat dalam petunjuk haruslah efektif agar apa yang disampaikan tepat dan  tidak salah pengertian. Kalimat efektif dalam petunjuk dapat menuntun calon pemakai/pembuat/pengguna  suatu barang atau produk untuk bisa mengikuti langkah-langkah dalam petunjuk tersebut. Nah, coba perhatikan langkah-langkah menulis petunjuk berikut ini
  1. Tentukan terlebih dahulu petunjuk apa yang hendak diinformasikan, apakah petunjuk memakai sesuatu,  membuat sesuatu, atau  melakukan sesuatu. Ketiga kegiatan tersebut pasti berbeda pada langkah-langkahnya. Sebelum materi ini, pasti kamu sudah mengetahui contoh macam-macam petunjuk, kan?

  2. Setelah menentukan petunjuk apa yang akan diinformasikan, kamu harus memahami semua hal yang berhubungan dengan apa yang hendak  diinformasikan. Oleh karena itu, orang yang akan menulis petunjuk tersebut  adalah orang yang pernah mengalami, mempraktikkan, atau melihat langsung suatu hal yang akan diinformasikan. Tulislah petunjuk secara  berurutan dan sistematis.

  3. Lengkapilah setiap tahapan dengan keterangan  dan rambu-rambu yang jelas.  Lebih bagus dan menarik lagi apabila ditambah dengan gambar, denah,  bagan, atau grafik jika diperlukan.
Tulislah petunjuk dengan menggunakan bahasa yang singkat dan informatif, tidak menyesatkan, dan langsung menuju kepada hal-hal yang akan dilakukan. Gunakan bahasa yang lugas. Selain itu, hindari kata-kata atau istilah yang sulit dipahami. Sebaiknya gunakan kata kunci yang biasa digunakan antara lain dalam sebuah petunjuk, seperti ambil, langkah pertama, selanjutnya, kemudian, sesudah itu,  dan tahap terakhir.
B. Memperbaiki Kalimat Petunjuk yang Tidak Efektif
Menulis sebuah petunjuk tentu berbeda dengan menulis jenis karangan lain. Pada materi sebelumnya, kamu telah mengetahui  bahwa  sebuah petunjuk ditulis dengan karangan eksposisi. Karangan eksposisi berbeda dengan karangan deskripsi.
Perhatikan contoh petunjuk melakukan sesuatu di bawah ini!
Ada beberapa cara yang harus dilakukan ketika kita memberikan pertolongan pertama pada orang yang terkena gigitan anjing, yaitu:
  1. Sesaat setelah orang itu digigit oleh anjing, terlebih dahulu bersihkanlah luka bekas gigitan tersebut dengan air atau kapas yang telah dibasahi dengan air.

  2. Setelah dibersihkan dengan air atau kapas, luka bekas gigitan tersebut diberi obat antiseptik (obat merah) agar bagian tubuh yang terluka  tidak terinfeksi kuman.

  3. Jika sudah diberi obat antiseptik, luka tersebut  harus diberi  pembalut atau ditutupi dengan kain kassa  agar luka tersebut tidak kemasukan kuman.

  4. Jika pertolongan pertama tersebut telah dilakukan, selanjutnya penderita sebaiknya dibawa ke dokter untuk diberi perawatan dan pengobatan yang lebih  intensif.
Kekurangan  petunjuk di atas adalah  bahasa yang digunakan tidak singkat dan tidak langsung kepada hal-hal yang perlu dilakukan.
Perbaikan petunjuk di atas adalah:
Petunjuk pertolongan pertama pada orang yang terkena gigitan anjing:
  1. Bersihkan luka dengan air atau kapas yang dibasahi.
  2. Berilah antiseptik agar luka tidak terinfeksi.
  3. Balutlah dengan kain kassa agar tidak kemasukan kuman.
  4. Bawalah penderita ke dokter terdekat.















Rifai Nehru B.Indonesia

Surat Resmi

Contoh Surat Resmi -  Kali ini admin ingin berbaik hati menuliskan artikel mengenai surat resmi yang baik dan benar, Adapun Surat resmi adalah surat yang digunakan untuk kepentingan resmi, baik perseorangan, instansi, maupun organisasi. so buat anda yang sedang keliling keliling dunia maya untuk mencari surat resmi namun belum menemukan artikel yang pas dengan selera anda . cobadeh cekidot artikel ini
secara umum, struktur penulisan surat resmi terdiri atas tiga bagian, yaitu:

1. Kepala surat, berisi:
-kop surat
-nomor surat
-lampiran
-dan perihal surat, tangal surat, alamat surat

2. Badan surat, berisi:
-salam pembuka
-isi surat
-salam penutup.

3. Kaki surat, berisi:
-tanda tangan pembuat surat
-nama pembuat surat
-jabatan
-dan tembusan surat.






 KOP SURAT INSTANSI

No : 04 / SD -01 / 11 / 2010
Lampiran : 1 (satu)
Perihal : Undangan

Yth
Orang tua siswa-sisiwi kelas VI
SDN 8 Watampone

Dengan hormat

Untuk meningkatkan pengetahuan siswa dalam bidang pertanian dan pelajaran IPA, kami bermaksud mengadakan kegiatan wisata ilmiah. Kegiatan tersebut merupakan kunjungan ke laboratorium IPB. Adapun kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada

Hari, tanggal : Sabtu, 21 Februri 2010
Pukul : 08.00 s.d. 16.30
Tempat : Laboratorium Pertanian BogorJalan Darmaga Raya, Bogor

Dengan undangan ini kami sampaikan. Atas perhatian bapak ibu, kami ucapkan terima kasih.

Watampone, 6 Februari 2010
Kepala Sekolah SDN 8 Watampone

Ttd

Dermawan, S.Pd.

PANITIA PERINGATAN KERJA BAKTI MINGGUAN
PERUMAHAN CICURUG


Selasa, 15 Januari 2010
Nomor : Istimewa
Perihal : Undangan Persiapan kerja bakti


Kepada Yth:
Bapak Yansen M
di Jakarta

Assallamuallaikum Wr.Wb

Dengan Hormat,
Semoga Bapak dalam selalu keadaan sehat wal-afiat. Dalam rangka Semangat membersihkan lingkungan yang Insya Allah akan diselenggarakan pada:

Hari : Minggu
Tanggal : 20 Januari 2010
Jam : 07.00 WIB
Tempat : Komplek Mahakam RT/RW. 02/22

Kami mengharapkan kesediaan Bapak untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan membersihkan lingkungan.

Demikian undangan ini kami buat dengan harapan semoga bapak berkenan memenuhinya. Atas kesediaan Bapak semoga do’a kami akan kesehatan dan kesejah- teraan Bapak dikabulkan Allah SWT. Terima kasih.

Mengetahui:


Ketua Panitia
Ponaryo Asta

KOP SURAT DISINI
SURAT TUGAS Nomor: /A.05/03/2011

Berdasarkan Surat Kepala Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Perencana Bappenas Nomor: 1234/P.01/03/2011, tanggal 1 Januari 2011, Perihal pemanggilan para Calon Peserta Program S2 Luar Negeri – Pusbindiklatren Bappenas Tahun 2011, dengan ini kami perintahkan kepada:

Nama : M. Kartono
NIP : 123456789
Pangkat/Gol : Penata Tk.I/III/d
Jabatan : Kasubbid Pengembangan Wilayah dan Permukiman
Unit Kerja : BAPPEDA Provinsi DKI Jakarta
Instansi : Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

Untuk segera melaksanakan tugas belajar pada program persiapan bahasa Inggris (EAP) pada :

Perguruan Tinggi : Akan di tentukan kemudiaan
Tingkat : S2
Terhitung Mulai : 06 Juni s.d. 05 Desember 2011
Lama studi : 6 Bulan

Demikian untuk dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Jakarta, 11 Januari 2011
Kepala BAPPEDA PROVINSI DKI JAKARTA

Ttd + stempel

(............................)
NIP: ………………..

Tembusan Yth.:
1) Kepala Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Perencana, Bappenas;
2) PPK PPSDMA Bappenas;
3) Gubenur DKI JAKARTA di Jakarta;
Rifai Nehru B.Indonesia

Laporan


Pada pelajaran lalu kalian telah mampu menganalisis dan menanggapi isi laporan. Laporan yang diberikan berupa contoh laporan perjalanan. Pada pelajaran ini kalian akan belajar menulis laporan dalam bentuk laporan pertanggungjawaban. Bacalah terlebih dahulu contoh berikut ini!
Kunjungan ke daerah korban gempa di Bengkulu Tahun 2007
A. Nama Kegiatan
Pengiriman bantuan ke daerah korban gempa
B. Dasar Pemikiran
1. Menumbuhkan rasa solidaritas
2. Mengisi kegiatan liburan
3. Memberi bantuan korban gempa
C. Tujuan
1. Menumbuhkan jiwa sosial
2. Mengisi waktu liburan
3. Memberi bantuan pada korban gempa
D. Waktu kegiatan
Kegiatan dilaksanakan tanggal 20 September 2007
E. Tempat kegiatan
1. Di sekolah sebagai tempat berkumpul
2. Daerah pengungsian korba gempa
F. Peserta
- Pembina OSIS
- Kepala Sekolah
- Pengurus OSIS
- Siswa kelas VIII dan IX
G. Biaya Kegiatan
Kegiatan memerlukan dana Rp8.570.000,00
H. Sumber Biaya
- Guru-guru SMP
- Donatur
- Seluruh siswa SMP
I Panitia
1. Pelindung                        : Kepala SMP
2. Penanggung jawab      : Pembina OSIS
3. Ketua Penyelenggara : Airin Fajriani
4. Wakil ketua                     : Dominggus Tahitu
5. Sekretaris                        : Herlambang Wahyudi
6. Bendahara                       : Oscania Karim
7. Seksi-seksi
a. Perlengkapan            : – Daniar Surya Nugrahani
- Arneta Vivianti
- Prabu Wijaya
b. Transportasi                      : – Anindito
- Togar Sianipar
c. Publikasi                              : – Raminah
- Endang Suprapman
J. Jadwal Kegiatan
Berangkat                          : Pukul 07.00 kegiatan berlangsung sampai pukul 16.00
Rifai Nehru B.Indonesia

wawancara


Narasumber dari sebuah wawancara haruslah orang yang berkompeten dengan harapan informasi yang diberikan juga valid serta bisa dipercaya dan dipertanggungjawabkan. Adakalanya kita harus melakukan wawancara dengan pedangan saat kita membutuhkan informasi tentang hal - hal yang berhubungan dengan komoditi perdagangan, seperti kenaikan harga barang, jumlah permintaan  pembeli, dll. Mungkin yang harus menjadi perhatikan kita dalam melakukan wawancara dengan pedagang adalah narasumber yang akan kita wawancarai. Sehingga bobot pertanyaan yang akan kita sampaikan bisa tersampaikan dengan baik kepada narasumber.
 
Berikut ini adalah contoh wawancara dengan pedagang:
 
TOPIK: Harga - harga barang menjelang Ramadhan
NARASUMBER (N): Bapak Hasan, Pemilik Kios "MAJU" Pasar Karanganyar
PEWAWANCARA (W): RUdi, Wartawan TV "X"
 
W: Sebulan menjelang lebaran, bagaimana suplai pengiriman bahan pokok, apakah lancara atau sering telat?
N: Sebagian besar lancar mas, terutama untuk sirup, gula, roti kaleng. Hanya beberapa yang telat, seperti beras dan cabai.
W: Bagaimana dengan minyak goreng pak?
N: Untuk beberapa merk tetap lancar. Hanya yang curah agak tersendat. Minggu kemarin barang kosong hingga 2 hari
W: sudah mulai terasa kenaikan harga barang - barang pokok?
N: Kenaikan harga barang pokok sudah mulai sejak bulan kemarin. Walaupun ada juga yang turun walaupun tidak banyak
W: Bagaimana reaksi konsumen saat mengetahui terjadi kenaikan harga?
N: Ya seperti biasa mas. Ada yang ngomel - ngomel, tapi ada juga yang diam saja
W: Apakah kenaikan harga dan tersendatnya suplai barang mempengaruhi jumlah penjualan bapak?
N: Tidak terlalu berpengaruh, selisihnya sedikit sekali
W: Biasanya menjelang Ramadhan, kapan puncak kenaikan harga terjadi?
N: Biasanya menjelang ramadhan harga mulai merangkak naik, dan akan terus naik sampai setelah lebaran
W: Setiap tahun selalu terjadi seperti itu?
N: Iya mas
W: Kan sering diadakan operasi pasar oleh pejabat pemerintah, apakah itu berpengaruh?
N: Tidak. Hanya turun saat ada kunjungan, setelah itu harga naik lagi  seperti biasa.
W: Baiklah pak, terima kasih atas waktunya. Semoga dagangannya selalu laris ya pak
N: Sama - sama mas. terima kasih doanya. 
Rifai Nehru B.Indonesia

Menilis Sinopsis novel

Sinopsis disebut juga ringkasan cerita. Sinopsis hanya sesuai untuk cerita pendek, novel, film, ataupun drama. Sinopsis novel biasanya diletakkan pada sampul belakang novel tersebut. Dari sinopsis tersebut akan diketahui inti cerita novel tersebut.
          Sebelaum kamu membuat sinopsis novel, terlebih dahulu kamu harus menentukan kerangka cerita dalam novel. Kerangka cerita itu terdiri atas judul, tokoh dan perwatakannya, latar, permasalahan atau konflik dalam novel, serta urut-urutan peristiwa cerita.

Berikut ini merupakan langkah-langkah membuat sinopsis novel:

  1. Bacalah dengan cermat novel tersebut.
  2. Pahami isi novel.
  3. Tentukan kerangka cerita novel.
  4. Daftarlah peristiwa-peristiwa penting dalam novel.
  5. Rangkailah peristiwa-peristiwa tersebut dengan kalimat yang padu dalam paragraf-paragraf.


Ingatlah!
Meringkas atau membuat sinopsis novel tidak boleh mengubah cerita, baik latar, tokoh, maupun tema.





Judul Buku         : Surat Kecil Untuk Tuhan
Pengarang          : Agnes Davonar
Penerbit             : Inandra Publised, Jakarta
Tahun                : 2008
Tebal  Novel     : 232 Halaman
Kategori            : True Story (non fiksi)


Andaikan,…..  semua dapat terulang kembali,
Tetapi pernahkah anda berfikiran tentang itu?
Pernahkah anda mengira-ngira apa yang akan terjadi
Jika semuanya dapat terulang kembali?
Dalam novelnya ini, Agnes Davonar menekankan makna sebuah waktu dalam kehidupan di dunia ini.
Kisah nyata gadis berusia 13 tahun bertahan hidup dari kanker ganas paling mematikan di dunia.

Tuhan …………..
Andai aku bisa kembali
Aku tak ingin ada tangisan di dunia ini
Tuhan …………
Andai aku bisa kembali
Aku berharap tidak ada lagi hal yang sama terjadi padaku
Terjadi pada orang lain
Tuhan ……………
Bolehkah aku menulis Surat Kecil Untuk-Mu?
Tuhan …………….
Bolehkah aku memohon satu hal kecil pada-Mu?
Tuhan ………………

Biakanlah aku bisa dapat melihat dengan mataku
Untuk memandang langit dan bulan setiap harinya.

Cuplikan diatas adalah sepenggal bait dari tulisan Gita Sesa Wanda Cantika atau yang sering dipanggil keke. Rabdosmiosarkoma atau kanker jaringan lunak pertama di Indonesia. Keke adalah seorang gadis remaja berusia 13 tahun. Ketika divonis memiliki penyakit kanker mematikan tersebut dalam waktu 5 hari.
Kanker jaringan lunak menggerogoti bagian wajahnya sehingga terlihat seperti monster. Walau dalam keadaan sulit keke terus berjuang untuk tetap bersekolah seperti layaknya gadis normal lainnya.
Perjuangan panjang keke dalam melawan kanker ternyata membuahkan hasil Kebesaran Tuhan membuatnya dapat bersama keluarga serta sahabat yang ia cintai lebih lama. Keberhasilan Dokter Indonesia dalam menyembuhkan kasus kanker pertama kali terjadi di Indonesia ini menjadi prestasi yang membanggakan sekaligus membuat semua dokter dunia bertanya-tanya.

Namun kanker itu kembali setelha pesta kebahagiaan sesaat. Keke sadar nafasnya di dunia semakin sempit. Ia tidak marah pada Tuhan, ia justru bersyukur mendapatkan kesempatan untuk bernafas lebih lama dari lima hari bertahan 3 tahun lamanya, walaupun pada akhirnya ia harus menyerah. Dokterpun akhirnya menyerah terhadap kankernya. Dinafas terakhir itulah ia menuliskan sebuah Surat Kecil Untuk Tuhan.

Surat yang penuh dengan kebesaran hati remaja Indonesia yang berharap tidak ada air mata di dunia ini terjadi padanya, terjadi pada siapapun. Kalimat tersebut ternyata merupakan tema pokok novel ini.

Tokoh Keke merupakan teladan bagi kaum remaja semuanya, Keke adalah tokoh masih muda,tidak putus asa, selalu mensyukuri nikmat dan tidak mengeluh akan semua cobaan yang dihadapinya. Ia selalu berusaha ceria di depan orang-orang terdekatnya walaupun dengan semua cobaan yang dihadapinya.

Dapat dilihat pada bagian V tentang “Hari Indah Itu Telah Datang” pada paragraph ke-3, Aku mensyukuri semua karena ini adalah cobaan Tuhan untukku.
Kesalahan besar bagi seorang teman apabila lebih mementingkan egonya demi kepentingan pribadi, Padahal temannya tersakiti. Seharusnya seorang teman harus mempunyai rasa pengertian dan kebersamaan yang tinggi kepada temannya sendiri.

Agnes Davonar, sebagai pengarang yang berpengalaman mampu menghidupkan jalan cerita dengan urut mulai dari bagian I samapai XI, dan mampu menghidupkan suasana waktu terjadi ketegangan.

Dalam hal ini pengarang sering memasukan pesan-pesan yang disampaikan melalui dialog para tokoh, dialog seperti itu tidak sesuai setting.
Terlepas dari kekurangan yang ada, hadirnya Novel “Surat Kecil Untuk Tuhan” menambah peredaran novel di Indonesia. Novel ini teramat saying untuk kita lewatkan begitu saja, karena novel ini bisa menambah nilai moral remaja Indonesia.






Mungkin sekian dulu artikel yang bisa saya share mengenai Contoh Resensi Novel Surat Kecil Untuk Tuhan
 walaupun sedikit semogabermanfaat dan berguna untuk anda.
salam





Contoh resensi Novel,Contoh Resensi best seller,contoh Resensi Cerpen,Contoh resensi novel ayat-ayat cinta,contoh resensi novel laskar pelangi,contoh resensi sang pemimpi,contoh resensi pendek,

contoh resensi novel bahasa indonesia,contoh resensi novel asing,contoh resensi novel terjemahan ,contoh resensi novel karya a.faudi ,contoh resensi novel,buku,fiktif,nonfiktif ,contoh novel novel fiktif, kumpulan cerpen dan ebook cerpen,



Contoh resensi novel. Contoh resensi. Contoh resensi cerpen. Contoh novel. Pengertian resensi. Contoh resensi buku fiksi. Resensi novel.


Contoh resensi buku sastra. Resensi cerpen. Contoh resensi novel fiksi. Contoh resensi buku. Contoh novel pendek. Contoh resensi fiksi. Resensi novel terbaru.


Contoh novel cinta. Contoh novel remaja. Contoh sinopsis novel. Contoh resensi novel terbaru. Contoh resensi drama. Contoh resensi buku terbaru. Meresensi novel.


Contoh resensi buku novel. Contoh resensi buku pengetahuan. Cara meresensi novel. Contoh contoh resensi. Contoh novel sastra. Pengertian resensi buku. Resensi novel remaja.


Contoh resensi sastra. Contoh resensi novel sastra. Contoh resensi novel cinta. Resensi novel gita cinta dari sma. Resensi novel sastra. Contoh contoh novel. Contoh novel singkat.


Contoh contoh resensi buku. Pengertian resensi novel. Contoh resensi novel remaja. Novel. Resensi cerpen cinta. Contoh resensi karya sastra. Meresensi cerpen.


Contoh novel terjemahan. Contoh contoh resensi novel. Contoh novel fiksi. Resensi buku pengetahuan. Pengertian novel. Definisi resensi. Contoh resensi cerpen cinta.


Contoh resensi buku ilmu pengetahuan. Resensi ilmu pengetahuan. Contoh resensi novel terjemahan. Contoh resensi ilmu pengetahuan. Contoh resensi cerpen fiksi. Contoh novel terbaru. Contoh resensi terbaru.


Arti resensi. Contoh meresensi buku. Pengertian resensi cerpen. Contoh resensi buku cerpen. Contoh resensi singkat. Kesimpulan novel. Definisi novel.


Contoh cuplikan novel. Contoh novel terjemahan terbaru. Contoh meresensi novel. Contoh meresensi buku pengetahuan. Contoh novel resensi. Resensi cerpen terbaru. Contoh resensi novel pendek.


Contoh kesimpulan resensi. Contoh resensi novel cinta pertama. Contoh meresensi. Resensi novel fiksi terbaru. Meresensi buku pengetahuan. Contoh referensi novel. Resensi pengetahuan.


Novel resensi. Contoh narasi novel. Resensi buku fiksi terbaru. Resensi buku sastra. Resensi cerpen fiksi. Cara meresensi cerpen. Contoh laporan resensi buku.


Resensi sastra. Sinopsis novel gita cinta dari sma. Narasi novel. Pengertian sinopsis novel. Pengertian resensi sastra. Contoh resensi pendek. Contoh resensi pengetahuan.


Resensi novel terjemahan terbaru. Contoh meresensi buku novel. Contoh laporan resensi. Resensi sastra novel. Resensi buku fiksi. Novel drama. Novel sastra.


Resensi novel terjemahan. Contoh kesimpulan resensi novel.
Rifai Nehru B.Indonesia

Contoh Struktur Otak Pada Manusia


Otak adalah sebuah jaringan yang sangat vital dalam tubuh manusia. Otak tidak hanya berfungsi untuk berpikir, tetapi juga menunjang kehidupan itu sendiri. sebuah penelitian menunjukkan bahwa, seseorang yang sudah meninggal dunia beberapa saat yang lalu, menunjukkan otaknya secara fisiologis masih hidup.
Secara struktural, seluruh otak manusia adalah sama. Kelainan pada struktur otak, akan mengakibatkan kelainan pada perilaku atau menunjukkan perilaku-perilaku yang abnormal. Contoh perilaku-perilaku yang ditengarai di sebabkan oleh kelainan pada struktur otak adalah epilepsi, skizofrenia, pembunuh berantai, autisme pada anak dan lain-lain.
Struktur Otak Manusia
Ukuran otak
Pada orang normal yang dewasa, berat otak berkisar 1,5 kg dengan perbedaan volume pada laki-laki dan perempuan. Pada laki-laki dewasa, volume otak berkisar 1.130 cm3dan pada wanita berkisar 1260 cm3. Jumlah sel neuron pada otak diperkirakan sekitar 100 juta sel saraf. Tetapi dalam populasi di dapatkan bahwa, variasi berat otak dan volumenya sangat besar. Kemungkinan inilah yang menyebabkan variasi kemampuan berpikir dalam populasi. Di sinyalir bahwa, orang dengan volume dan berat otak yang besar, mempunyai kemampan berpikir yang lebih tinggi. Tetapi asumsi ini belum banyak dibuktikan dalam sebuah penelitian ilmiah.
Bagian-bagian Otak
Otak manusia dapat dibagi menjadi beberara bagian berdasarkan struktur dan fungsinya. Pembagian yang paling populer adalah berdasarkan lobus (ada empat macam lobus yaitu lobus frontalis, lobus parientalis, lobus oksiptalis dan lobus temporalis) dan pembagian otak berdarkan letak dan fungsinya (Serebrum, serebellum, braisteim, dan sistem limbik).
Untuk lebih jelasnya tentang bagian-bagian otak, anda bisa membacanya disini…!!!
Laterisasi/Belahan Otak
Secara anatomis, otak manusia dibedakan antara hemisfer kiri (belahan otak kiri) dan hemisfer kanan (belahan otak kanan). Setiap belahan pada otak berfungsi mengendalikan bagian tubuh secara berlawanan. Otak belahan kanan mengendalikan fungsi tubuh bagian kiri. Sedangkan otak belajan kiri mengendalikan fungsi tubuh bagian kanan.
Keda belahan otak kiri dan kanan di hubungkan oleh bundel saraf yang sangat besar yang disebut dengan corpus callosum. yang melintasi garis tengah di atas tingkat thalamus. Di samping itu ada juga penghubung antara belahan kiri dan belahan kanan, tetapi ukurannya kecil tetapi banyak yanitu commisure anterior dan commisure hippocampus serta penghubung subkrtikal juga banyak yang melintasi garis tengah otak.
Corpus callosum adalah jalan utama komunikasi antara dua belahan, meskipun. Ini menghubungkan setiap titik pada korteks ke titik bayangan cermin di belahan hemisfer sebaliknya, dan juga menghubungkan ke titik fungsional terkait di daerah kortikal berbeda.
Secara struktur, belahan otak kanan dan otak kiri berbentuk simetris. Tetapi beberapa penelitian terakhir menunjukkan bahwa fungsi antara belahan otak kiri dan belahan otak kanan berbeda. Misalnya otak kiri lebih dominan pada pembentukan bahasa (kerusakan pada otak kiri, bisa menyebabkan orang tidak bisa berbicara dan mengerti pembicaraan). Sedangkan pada otak kanan lebih dominan pada perkembangan emosi, seni ataupun intuitif.
Tetapi harus dicatat bahwa, perbedaan fungsi antara otak kanan dan otak kiri, secara struktur belum banyak penelitian yang membahas dan membuktikan secara gamblang perbedaan itu. Tetapi kemunculan buku-buku bacaan populer tanpa di dasari sumber ilmiah yang kuat sangat membesar-besarkan perbedaan fungsi ini.
sumber : http://www.psychologymania.com/2012/06/struktur-otak-manusia.html
Rifai Nehru IPA

Contoh Bagian Tumbuhan dan Fungsinya


BAGIAN BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA

 Tumbuhan termasuk dalam makhluk hidup,mengapa?
Karena tumbuhan dapat tumbuhdan berkembang.
Bagaimana tumbuhan dapat tumbuh dan berkembang?
 Seperti halnya makhluk hidup lain,tumbuhan juga memiliki bagian bagianyang penting. Bagian-bagian tersebut memiliki fungsi masing-masing dalam proses  kehidupannya.
Bagian-bagian tersebut antaralain akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji.





Bagian-bagian tumbuhan

AKAR
Jika kita melihat bagian tumbuhan yang berdiri di atas permukaan tanah atau permukaan air maka kita hanya melihat beberapa bagian tumbuhan saja. Akar sebagai salah satu bagian tumbuhan tidak tampak karena berada di dalam tempat tumbuhnya akar merupakan bagian tumbuhan yang sangat penting bagi tumbuhan.Pada waktu kita menanam tanaman, jika akarnya mulai tumbuh berarti tanaman tersebut hidup dan kita bisa melihat suatu saat tanaman itu bertambah besar.



a.     Bagian-bagian akar
Akar pada tumbuhan berbunga baik yang tertanam di dalam tanah maupun di dalam air umumnya terdiri dari akar utama, kemudian dari samping akar utama ini muncul cabang akar dan di permukaan akar tersebut terdapat semacam serabut akar yang disebut rambut akar.





b.    Jenis-jenis akar dan klasifikasinya




Akar napas pada bakau
  Akar gantung pada beringin


Akar tungang pada pandan




c.       Fungsi akar
 Kegunaan akar bagi tumbuhan di antaranya:
- Menguatkan berdirinya tumbuhan pada tempat tumbuhnya.
- Menyerap air dan garam-garam mineral dari dalam tanah.
- Menyimpan cadangan makanan misalnya pada umbi-umbian.
- membantu penyerapan oksigen di udara, seperti pada tumbuhan bakau.


     Berdasarkan bentuknya, terdapat dua jenis akar, yaitu akar serabut dan akar tunggang. Akar serabut Biasanya dimiliki oleh tumbuhan jenis monokotil (biji berkeping tunggal). Misalnya, padi, jagung, dan kelapa. Adapun akar tunggang biasanya dimilikioleh tumbuhan jenis dikotil (biji berkeping dua). Misalnya, mangga,jambu, jeruk, dan kacang.
a. Akar serabut b.Akar Tunggang

  
BATANG 
Batang merupakan bagian tumbuhan yang ada di atas tanah. Batang merupakan tempat keluarnya daun, bunga dan buah.Batang juga berperan dalam pengangkutan air dan zat makanan dari akar ke daun, batang juga berfungsi untuk mengedarkan mineral dan air yang diserap akar, serta zat makanan hasil fotosintesis ke seluruh bagian tubuh.     
            KEGIATAN 1 :
Ø      Tujuan:
Menunjukkan peran batang dalam pengangkutan air
Ø      Alat dan Bahan:
- tumbuhan pacar air atau bayam atau seledri
- gelas bening
- air sekucupnya
- pewarna makanan/minuman (warna merah)
Ø      Langkah Kerja:
1. Siapkan tumbuhan yang telah kalian bawa.
2. Potong akar tumbuhan tersebut, kemudian bersihkan bagian batangnya
dari kotoran.                          
3. Siapkan air dalam gelas bening dan campur dengan pewarna makanan/minuman yang tersedia.
4. Celupkan batang tumbuhan tersebut ke dalam gelas.
Diamkan beberapa menit ( 15 menit – 30 menit)
5. Potonglah batang di beberapa bagian, amati apa yang terjadi pada batang.
6. Tuliskan kesimpulanmu dari kegiatan tersebut.
1.Bagian-bagian Batang
Batang memiliki buku dan ruas, pada setiap buku melekat sehelai datn atau lebih. Adapun batang tumbuhan berkayu tersusun dari jaringan primer yaitu:
a. Kulit luar, memiliki dinding luar sel-sel yang menebal dan bermodifikasi menjadi rambut-rambut halus, duri, dan lentisel.
b. Kulit pertama, terletak di sebelah dalam epidermis tersusun dari jaringan parenkim dan jaringan penunjang. Jaringan penunjang terdiri dari jaringan kolenkim yang mempunyai penebalan dinding sel di sudut-sudutnya atau mengandung kloroplas.
c. Kulit dalam, merupakan batas antara korteks dan stele, biasanya disebut florterma, mengandung amilum sehingga disebut juga sarung tepung.
d. Silinder pusat, yang tersusun dari jaringan parenkim yang membentuk empulur batang. Terdapat lingkaran kambium dalam berkas pembuluh. Di antara berkas pembuluh terdapat kelanjutan parenkim empulur yang tampak sebagai roda berjari-jari dan disebut jari-jari empulur. Pada tumbuhan dikotil batang dapat mengalami perubahan menjadi jaringan primer antara lain bakal daun, tunas ketiak, epidermis korteks, ikatan pembuluh dan empulur. Pertumbuhan xilem terus menerus tetapi karena adanya perubahan musim, maka terjadi pertumbuhan yang kecepatan dan ukuran sel-selnya berbeda sehingga terbentuk lingkaran tahun. Batang monokotil berkembang menjadi bakal daun, bakal tunas ketiak, epidermis, ikatan pembuluh tersebar, di tengah lingkaran terdapat empulur yang mungkin hilang, kecuali pada buku-buku.
Penampang dikotil dan monokotil
2. Jenis-jenis Batang dan Klasifikasinya
Berdasarkan struktur batangnya, tumbuhan ada yang memiliki batang yang lunak seperti pohon kacang, jagung, bayam. Ada juga tumbuhan yang berkayu misalnya pohon jambu, mangga, pinus.
Ø     Fungsi batang:
- Penyokong tubuh tumbuhan.
- Mengangkut makanan ke seluruh tubuh tumbuhan.
- Mengangkut air dan mineral dari akar ke daun.
DAUN

Bagian tumbuhan yang berfungsi sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis adalah daun. Daun banyak mengandung zat warna hijau yang disebut klorofil. Daun terdiri atas tangkai daun dan helaian daun. Di samping bagian-bagian tersebut, ada beberapa jenis tumbuhan yang mempunyai pelepah pada daunnya. Daun pun mempunyai susunan tulang daun. Berdasarkan susunannya, tulang daun ada yang menyirip, menjari, dan sejajar.
1.     Bagian-bagian Daun
Daun dibedakan menjadi dua macam, yaitu daun lengkap dan daun tidak lengkap. Daun dikatakan lengkap jika terdiri atas tiga bagian, yaitu pelepah, tangkai, dan helaian daun. Contoh tumbuhan yang memiliki daun lengkap adalah pisang. Daun tanaman pisang terdiri atas bagian pelepah, tangkai, dan helaian daun. Daun tidak lengkap adalah daun yang hanya tersusun atas 1-2 bagian saja. Contoh tumbuhan yang memiliki daun tidak lengkap adalah mangga. Daun pohon mangga hanyaterdiri atas bagian tangkai dan helaian daun saja. Perhatikan gambar berikut ini :
Bagian Daun Lengkap
2.     Jenis-jenis Daun dan Klasifikasinya
Pada umumnya bagian daun yang paling kelihatan adalah helai daun. Bentuk helai daun dipengaruhi oleh susunan tulang daun. Berdasarkan bentuknya, tulang daun terdiri dari :
a.      Tulang daun menyirip
Dapat dijumpai pada daun mangga, jambu, dan nangka. 
Gambar tulang daun menyirip
gambar tulang daun menyirip

b. Tulang daun menjari
 banyak dijumpai pada daun singkong, papaya, dan ilalang. 
Tulang daun menjari
c.Tulang daun sejajar
dapat dijumpai pada jagung, tebu dan alang-alang.
Tulang Daun Sejajar
Berdasarkan jumlah helai daun, daun dikelompokkan menjadi dua yaitu daun tunggal dan daun majemuk. Daun tunggal adalah daun yang memiliki satu helai daun pada setiap tangkainya, contohnya daun mangga. Daun majemuk adalah daun yang memiliki beberapa helai daun pada setiap tangkainya, contohnya daun putri malu.

3. Fungsi Daun
Daun berfungsi:
- untuk fotosintesis
- penguapan air
- pengeluaran air berupa tetesan air
- pertukaran oksigen dan karbon dioksida (alat pernapasan pada tumbuhan)
Tugas kelompok

            BUNGA


Bunga merupakan bagian tumbuhan yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakan. Bunga sangat penting untuk perkembangbiakkan tumbuhan karena pada bunga terdapat alat-alat reproduksi, yaitu putik dan benangsari.


a.     Bagian-bagian Bunga
Ø     Tangkai bunga
Tangkai bunga merupakan bagian yang berada pada bagian bawah bunga. Tangkai ini berperan sebagai penopang bunga dan sebagai penyambung antara bunga dan batang atau ranting.
Ø     Kelopak bunga
Merupakan bagian bunga yang paling luar. Kelopak biasanya berwarna hijau seperti daun atau berwarna warni seperti mahkota.
Ø     Mahkota bunga
Mahkota bunga umumnya memiliki warna bermacam-macam sehingga disebut perhiasan bunga. terletak di sebelah dalam kelopak dan biasanya mempunyai warna yang beraneka ragam. Mahkota bunga berguna untuk menarik serangga lain untuk datang membantu penyerbukan.
Ø     Putik
Merupakan alat kelamin betina. Putik terdapat di bagian tengah-tengah bunga. Biasanya, putik dikelilingi oleh benang sari. Putik terdiri atas kepala putik dan tangkai putik. Pada bagian dasar tangkai putik terdapat bagian yang kelak akan menjadi buah dan biji. Apabila serbuk sari berhasil menempel pada bagian kepala putik maka terjadi proses penyerbukan. Proses penyerbukan merupakan awal dari perkembangbiakan pada tumbuhan.
Ø      Benang sari
Benang sari terdapat pada bagian tengah bunga yang berdekatan dengan mahkota bunga. Benang sari berfungsi sebagai alat kelamin jantan. Benang sari terdiri atas tangkai sari dan kepala sari. Pada kepala sari ini dihasilkan serbuk sari. Serbuk sari bersifat ringan dan mudah terbang tertiup angin. Selain itu, serbuk sari dapat menempel pada kaki, kepala, dan tubuh kupukupu atau serangga yang hinggap.

Gambar bagian-bagian Bunga
Bagian Bunga Lengkap
bagian bunga lengkap

Berdasarkan jenisnya, bunga dikelompokkan menjadi dua yaitu bunga lengkap dan bunga tidak lengkap. Apabila bunga memiliki kelopak bunga, mahkota bunga, putik, dan benang sari maka disebut bunga lengkap. Sebaliknya, jika bunga tidak memiliki salah satu bagian tersebut maka merupakan bunga yang tidak lengkap.Berdasarkan benang sari dan putik, bunga dikelompokkan menjadi dua, yaitu bunga sempurna dan tidak sempurna. Bunga sempurna merupakan bunga yang memiliki benang sari dan putik. Apabila hanya memiliki salah satu di antaranya, maka termasuk bunga tidak sempurna.
BUAH DAN BIJI



Buah merupakan bagian tumbuhan yang berfungsi melindungi biji. Buah ada yang berdaging, contohnya buah mangga dan buah apel. Buah terdiri atas daging buah dan biji. Bagian yang kamu makan biasanya daging buahnya. Biji merupakan hasil dari pembuahan yang terjadi akibat penyerbukan antara serbuk sari dan putik. Jika biji ditanam akan tumbuh menjadi tumbuhan baru.
Gambar Buah dan Biji

Dikotil dan Monokotil
 Biji itu berkeping. Biji ada yang berkeping satu dan ada yang berkeping dua. Biji berkeping satu disebut monokotil dan biji berkeping dua disebut dikotil.

sumber : http://e-novy.blogspot.com/2012/01/bagian-tumbuhan-dan-fungsinya.html

Rifai Nehru IPA